SDM DAN STRUKTUR ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk
Unilever merupakan sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi
barang konsumen yang bermarkas di Rotterdam, Belanda. Perusahaan ini didirikan
tahun 1930, memproduksimakanan, minuman, pembersih, dan konsumen pribadi.
Beberapa merek terkenal milik Unilever adalah Rinso, Sunsilk, Dove dan Clear.
Di Indonesia Unilever bergerak dalam bidang produk sabun, deterjen, margarin,
minyak sayur, dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman teh
dan produk-produk kosmetik.
Pada 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever
Indonesia dan pada 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever
Indonesia, Tbk. Sejak berdiri sampai dengan saat ini PT Unilever Indonesia, Tbk
menunjukan perkembangan usaha yang pesat dilihat dari skala usaha dan hasil
usah. Salah satu kunci sukses ULI terletak pada strategi pengembangan Sumber Daya
Manusianya, yaitu penerapan program indonesianisasi manajemennya. Sistem
pengembangan SDM berorientasi pada tujuan dan kebutuhan bisnis di masa kini dan
yang akan datang, yang berarti harus selalu menyesuaikan diri dan
mengantisipasi setiap terjadinya perubahan-perubahan lingkungan bisnis dalam
menghadapi era perdagangan bebas.
VISI MISI PT UNILEVER INDONESIA,
Tbk.
Visi yang dimiliki oleh sebuah
perusahaan merupakan suatu cita-cita tentang keadaan di masa datang yang
diinginkan untuk terwujud oleh seluruh personel perusahaan, mulai dari jenjang
yang paling atas sampai yang paling bawah, bahkan pesuruh sekalipun. Misi adalah
penjabaran secara tertulis mengenai visi agar visi menjadi mudah dimengerti
atau jelas bagi seluruh staf perusahaan.
* Visi Unilever adalah “To become the first choice of
consumer, costumer and community”
* Misi Unilever adalah :
•
Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi
kebutuhan dan aspirasi konsumen
•
Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan, konsumen dan
komunitas.
•
Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambah dari segala
proses.
•
Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang dengan kinerja
yang tinggi.
•
Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yang menguntungkan
dan memberikan imbalan di atas rata-rata karyawan dan pemegang saham.
•
Mendapatkan kehormatan karena integritas tinggi, peduli
kepada masyarakat dan lingkungan hidup.
TUJUAN PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk.
Tujuan kami
di Unilever, memenuhi kebutuhan sehari-hari setiap anggota masyarakat di
manapun mereka berada, mengantisipasi aspirasi konsumen dan pelanggan, serta
menanggapi secara kreatif dan kompetitif dengan produk-produk bermerek dan
layanan yang meningkatkan kualitas kehidupan.Akar kami yang kokoh dalam budaya
dan pasar lokal di dunia merupakan warisan yang tak ternilai dan menjadi dasar
bagi pertumbuhan kami di masa yang akan datang. Kami akan menyertakan kekayaan
pengetahuan dan kemahiran internasional kami dalam melayani konsumen lokal,
sehingga menjadikan kami Perseroan multinasional yang benar-benar multi-lokal. Kami
percaya bahwa keberhasilan memerlukan perilaku korporasi yang berstandar
tinggi terhadap karyawan, konsumen dan masyarakat, serta dunia tempat kita
tinggal. Inilah jalan yang ditempuh Unilever untuk mencapai pertumbuhan yang
langgeng dan menguntungkan bagi usaha serta tercapainya nilai jangka
panjang yang berharga bagi para pemegang saham serta seluruh karyawan
Unilever.
PERENCANAAN KARIR PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk.
PT. Unilever Indonesia, Tbk membuat banyak orang ingin bergabung
dengan perusahaan besar ini. Mereka membayangkan betapa keejahteraan disajikan
oleh PT. Unilever kepada para pekerjanya. Hal itu dikarenakan PT. Unilever
Indonesia, Tbk memang tidak suka main-main dalam memilih pekerja yang akan
berkarir di perusahaanya dengan menggunakan system manajemen SDM yang tepat.
Manajemen SDM adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengatur
peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien sehingga dapat bersama-sama
mencapai prestasi karir yang maksimal. Manajemen SDM sengaja dibentuk untuk
mengingatkan nilai tenaga kerja dalam sebuah perusahaan yang merupakan manusia.
Bukan hanya sekedar mesin yang hanya bertugas melakukan segala tugas untuk
perusahaan, Tetapi disini, tenaga kerja memiliki hak-hak yang diterima dan
dinikmati. Manajemen SDM disini secara langsung akan mempengaruhi setiap sumber
daya manusia dalam sebuah perusahaan itu sendiri.
Perencanaan fungsi Manajemen SDM PT. Unilever Indonesia, Tbk adalah
perusahaan yang terkenal dengan manajemen SDMnya yang mumpuni. Bagaimana tidak,
PT. Unilever sangat mempertimbangkan setiap SDM
yang akan berkarir bergabung bersama PT. Unilever. Disini terbukti
dengan setiap tahunnya PT. Unilever sengaja merekrut orang-orang terbaik dari
berbagai perguruan tinggi terbaik.
Pada intinya, teknik manajemen SDM PT. Unilever Indonesia Tbk
terbagi menjadi tiga hal yaitu :
1.
Pengadaan, yaitu proses rekrutmen dan orientasi seperti program latihan kerja
2. Penggunaan, yaitu proses sinkronisasi antara kemampuan manusia dengan tugas
apa yang akan menjadi tanggung jawabnya.
3. Pemeliharaan, yaitu bagaimana PT. Unilever Indonesia Tbk menciptakan lingkungan
kerja yang nyaman sehingga karyawan juga dapat merasa puas bekerja bersama PT.
Unilever Indonesia, Tbk.
Job Description :
- Chief Financial Officer : Bagian yang bertugas mengatur segala kegiatan yang berkaitan dengan keuangan, keputusan investasi dan pembiayaan perusahaan yang berpengaruh terhadap laju pertumbuhan perusahaan.Peran Finance dibagi menjadi:
- Finance Business Partner bekerja sama dengan departemen untuk membantu mereka membuat keputusan keuangan yang sehat dan inisiatif drive.
- Controller menerapkan proses informasi manajemen untuk menciptakan nilai bagi bisnis.
- Expertise Services bekerja di segala bidang mulai dari asuransi dan risiko, audit internal, treasury sampai ke hubungan investor dan pensiun. Dengan mengembangkan pemahaman yang mendalam mengenai strategi yang mendorong pertumbuhan dan profitabilitas, anda akan berada di garis depan dalam evolusi perusahaan untuk memenuhi tujuan.
- Director Home and Personal Care : Bagian yang bertugas mengurus semua yang ada di dalam perusahaan yang berkaitan dengan para pegawai perusahaan.
- Supply Chain : Bagian yang bertugas untuk mengatasi bagian permasalahan bahan baku.
- Costumer Development : Bagian yang bertugas untuk mengatasi masalah kostumer dan bertugas merangkul kostumer sebanyak-banyaknya. Baik itu manajemen kategori, mengembangkan dan menerapkan solusi dan aktivasi brand / kategori, atau manajemen account yang berfokus pada omset, keuntungan dan pangsa pasar, peran Customer Development di Unilever akan mengarahkan anda untuk menyediakan keunggulan pada tren, kebiasaan dan perilaku pembelanja (shopper).
- Human Resources and comporate Relation :
Business Partner Bekerja sama
dengan para pemimpin bisnis untuk memberikan agenda bisnis melalui strategi
terintegrasi. Mereka memastikan bahwa bakat, organisasi, keterampilan,
kemampuan dan budaya yang tepat terbangun untuk membina hubungan kerja yang
positif
Expertise Team Sumber solusi
HR&saran (kebijakan, proses, sistem dan alat-alat) di bidang kepemimpinan,
pengembangan efektivitas, pembelajaran organisasi dan reward. Expertise
Team menjadi bagian dari pengembangan solusi baru, sistem dan Best
Practices yang akan diluncurkan dalam wilayah, negara, atau bahkan
global.
HR Services Menyampaikan
dan terus meningkatkan proses end-to-end HR seperti
rekrutmen, learning, reward, dan administrasi tenaga kerja.
mereka juga melacak, memantau dan secara aggresive mengelola
kinerja pelayanan untuk memastikan bahwa pelayanan disampaikan dengan kualitas
yang ditentukan dan dengan biaya yang optimal.
- Director Food : Bagian yang mengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan oleh Unilever
- Director Ice Cream : Bagian yang mengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk Ice cream yang dihasilkan oleh Unilever
PEMASARAN PT UNILEVER
INDONESIA Tbk
Dalam PT Unilever Indonesia, promosi yang dilakukan paling banyak
melalui media elektronik. Namun dalam kehidupan sehari-hari promosi yang
dilakukan PT. Unilever Indonesia tidak hanya lewat media elektronik tetapi
banyak juga melalui media cetak, sponsorship, mengadakan event-event yang
memasukkan produk-produk dari PT. Unilever seperti Kecap Bango, Pepsodent,
Shampo Pantene, dan lain-lain. Karena jika promosi yang dilakukan hanya melalui
media elektronik maka PT. Unilever Indonesia tidak mendapatkan keuntungan yang
optimal. Masyarakat di Indonesia terdiri dari berbagai kalangan dan tingkatan
sosial yang beragam. Jika perusahaan tidak bisa menyentuh hati masyarakat semua
kalangan maka perusahaan tidak dapat berkembang pesat. Makna dari iklan yang
ditawarkan oleh perusahaan juga harus bisa dipahami oleh berbagai kalangan,
karena iklan adalah salah satu cara promosi yang bisa dilakukan oleh perusahaan
agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal.
Selain melalui iklan elektronik proses pemasaran yang dilakukan
Unilever juga menggunakan berbagai cara, diantaranya dengan berbagai program
pemasaran yang dapat menarik perhatian pelanggan. Kupon belanja gratis produk
unilever adalah salah satu cara promosi yang dilakukan oleh Unilever, selain
itu diskon-diskon yang diberikan juga banyak menarik perhatian pelanggan yang
berasal dari kalangan masyarakat menengah kebawah. Oleh karena itu pertanyaan
lain dapat muncul seketika mengapa promosi perlu diadakan, jawabannya tentu
saja iya, karena dalam beberapa aspek perusahaan salah satu tujuan pengembangan
mutu perusahaan ialah dapat menyentuh seluruh lapisan konsumen dalam hal ini
adalah sasaran global yang diadakan dan dibuat dari grand design tersebut, oleh
karena itu sebuah perusahaan unilever dapat fight dengan para pesaingnya baik
dari dunia asing maupun pesaing-pesaing unggulan dalam negeri.
Komunikasi yang disampaikan melalui iklan di berbagai media cetak
maupun elektronik sangat efektif dan langsung mengenai sasaran,untuk evaluasi
kedepannya PT. Unilever Indonesia, Tbk akan melakukan 4 hal demi tetap memiliki
citra baik pada konsumennya, antara lain: branding, design, technical printing,
dan merchandising. Sehingga dengan cepat hal tersebut dapat mempengaruhi
konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk-produk yang dikeluarkan oleh PT.
Unilever.
Komentar
Posting Komentar