SDM DAN STRUKTUR ORGANISASI PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk


Mengenai PT. Unilever Indonesia, Tbk.
Unilever merupakan sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi barang konsumen yang bermarkas di Rotterdam, Belanda. Perusahaan ini didirikan tahun 1930, memproduksimakanan, minuman, pembersih, dan konsumen pribadi. Beberapa merek terkenal milik Unilever adalah Rinso, Sunsilk, Dove dan Clear. Di Indonesia Unilever bergerak dalam bidang produk sabun, deterjen, margarin, minyak sayur, dan makanan yang terbuat dari susu, es krim, makanan dan minuman teh dan produk-produk kosmetik.
Pada 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia dan pada 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia, Tbk. Sejak berdiri sampai dengan saat ini PT Unilever Indonesia, Tbk menunjukan perkembangan usaha yang pesat dilihat dari skala usaha dan hasil usah. Salah satu kunci sukses ULI terletak pada strategi pengembangan Sumber Daya Manusianya, yaitu penerapan program indonesianisasi manajemennya. Sistem pengembangan SDM berorientasi pada tujuan dan kebutuhan bisnis di masa kini dan yang akan datang, yang berarti harus selalu menyesuaikan diri dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan-perubahan lingkungan bisnis dalam menghadapi era perdagangan bebas.  

VISI MISI PT UNILEVER INDONESIA, Tbk.
Visi yang dimiliki oleh sebuah perusahaan merupakan suatu cita-cita tentang keadaan di masa datang yang diinginkan untuk terwujud oleh seluruh personel perusahaan, mulai dari jenjang yang paling atas sampai yang paling bawah, bahkan pesuruh sekalipun. Misi adalah penjabaran secara tertulis mengenai visi agar visi menjadi mudah dimengerti atau jelas bagi seluruh staf perusahaan.
* Visi Unilever adalah “To become the first choice of consumer, costumer and community”
* Misi Unilever adalah :
         Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
         Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan, konsumen dan komunitas.
         Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai tambah dari segala proses.
         Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang dengan kinerja yang tinggi.
         Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata karyawan dan pemegang saham.
         Mendapatkan kehormatan karena integritas tinggi, peduli kepada masyarakat dan lingkungan hidup.

TUJUAN PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk.
Tujuan kami di Unilever, memenuhi kebutuhan sehari-hari setiap anggota masyarakat di manapun mereka berada, mengantisipasi aspirasi konsumen dan pelanggan, serta menanggapi secara kreatif dan kompetitif dengan produk-produk bermerek dan layanan yang meningkatkan kualitas kehidupan.Akar kami yang kokoh dalam budaya dan pasar lokal di dunia merupakan warisan yang tak ternilai dan menjadi dasar bagi pertumbuhan kami di masa yang akan datang. Kami akan menyertakan kekayaan pengetahuan dan kemahiran internasional kami dalam melayani konsumen lokal, sehingga menjadikan kami Perseroan multinasional yang benar-benar multi-lokal. Kami percaya bahwa keberhasilan memerlukan perilaku  korporasi yang berstandar tinggi terhadap karyawan, konsumen dan masyarakat, serta dunia tempat kita tinggal. Inilah jalan yang ditempuh Unilever untuk mencapai pertumbuhan yang langgeng dan menguntungkan bagi usaha serta  tercapainya nilai jangka panjang yang berharga bagi para  pemegang saham serta seluruh karyawan Unilever.

PERENCANAAN KARIR PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk.
PT. Unilever Indonesia, Tbk membuat banyak orang ingin bergabung dengan perusahaan besar ini. Mereka membayangkan betapa keejahteraan disajikan oleh PT. Unilever kepada para pekerjanya. Hal itu dikarenakan PT. Unilever Indonesia, Tbk memang tidak suka main-main dalam memilih pekerja yang akan berkarir di perusahaanya dengan menggunakan system manajemen SDM yang tepat.
Manajemen SDM adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengatur peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien sehingga dapat bersama-sama mencapai prestasi karir yang maksimal. Manajemen SDM sengaja dibentuk untuk mengingatkan nilai tenaga kerja dalam sebuah perusahaan yang merupakan manusia. Bukan hanya sekedar mesin yang hanya bertugas melakukan segala tugas untuk perusahaan, Tetapi disini, tenaga kerja memiliki hak-hak yang diterima dan dinikmati. Manajemen SDM disini secara langsung akan mempengaruhi setiap sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan itu sendiri.
Perencanaan fungsi Manajemen SDM PT. Unilever Indonesia, Tbk adalah perusahaan yang terkenal dengan manajemen SDMnya yang mumpuni. Bagaimana tidak, PT. Unilever sangat mempertimbangkan setiap SDM  yang akan berkarir bergabung bersama PT. Unilever. Disini terbukti dengan setiap tahunnya PT. Unilever sengaja merekrut orang-orang terbaik dari berbagai perguruan tinggi terbaik.

Pada intinya, teknik manajemen SDM PT. Unilever Indonesia Tbk terbagi menjadi tiga hal yaitu :
1.     Pengadaan, yaitu proses rekrutmen dan orientasi seperti program latihan kerja
2.  Penggunaan, yaitu proses sinkronisasi antara kemampuan manusia dengan tugas apa yang akan menjadi tanggung jawabnya.
3.  Pemeliharaan, yaitu bagaimana PT. Unilever Indonesia Tbk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman sehingga karyawan juga dapat merasa puas bekerja bersama PT. Unilever Indonesia, Tbk.

STRUKTUR ORGANISASI

Job Description :
  1. Chief Financial Officer : Bagian yang bertugas mengatur segala kegiatan yang berkaitan dengan keuangan, keputusan investasi dan pembiayaan perusahaan yang berpengaruh terhadap laju pertumbuhan perusahaan.Peran Finance dibagi menjadi:
    • Finance Business Partner bekerja sama dengan departemen untuk membantu mereka membuat keputusan keuangan yang sehat dan inisiatif drive.
    • Controller menerapkan proses informasi manajemen untuk menciptakan nilai bagi bisnis.
    • Expertise Services bekerja di segala bidang mulai dari asuransi dan risiko, audit internal, treasury sampai ke hubungan investor dan pensiun. Dengan mengembangkan pemahaman yang mendalam mengenai strategi yang mendorong pertumbuhan dan profitabilitas, anda akan berada di garis depan dalam evolusi perusahaan untuk memenuhi tujuan.
  2. Director Home and Personal Care : Bagian yang bertugas mengurus semua yang ada di dalam perusahaan yang berkaitan dengan para pegawai perusahaan.
  3. Supply Chain : Bagian yang bertugas untuk mengatasi bagian permasalahan bahan baku.
  4. Costumer Development : Bagian yang bertugas untuk mengatasi masalah kostumer dan bertugas merangkul kostumer sebanyak-banyaknya. Baik itu manajemen kategori, mengembangkan dan menerapkan solusi dan aktivasi brand / kategori, atau manajemen account yang berfokus pada omset, keuntungan dan pangsa pasar, peran Customer Development di Unilever akan mengarahkan anda untuk menyediakan keunggulan pada tren, kebiasaan dan perilaku pembelanja (shopper).
  5. Human Resources and comporate Relation :
Business Partner Bekerja sama dengan para pemimpin bisnis untuk memberikan agenda bisnis melalui strategi terintegrasi. Mereka memastikan bahwa bakat, organisasi, keterampilan, kemampuan dan budaya yang tepat terbangun untuk membina hubungan kerja yang positif
Expertise Team Sumber solusi HR&saran (kebijakan, proses, sistem dan alat-alat) di bidang kepemimpinan, pengembangan efektivitas, pembelajaran organisasi dan reward. Expertise Team menjadi bagian dari pengembangan solusi baru, sistem dan Best Practices yang akan diluncurkan dalam wilayah, negara, atau bahkan global.
HR Services  Menyampaikan dan terus meningkatkan proses end-to-end HR seperti rekrutmen, learning, reward, dan administrasi tenaga kerja. mereka juga melacak, memantau dan secara aggresive  mengelola kinerja pelayanan untuk memastikan bahwa pelayanan disampaikan dengan kualitas yang ditentukan dan dengan biaya yang optimal.
  1. Director Food : Bagian yang mengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk makanan yang dihasilkan oleh Unilever
  2. Director Ice Cream : Bagian yang mengatur segala kegiatan berkaitan dengan produk Ice cream yang dihasilkan oleh Unilever


PEMASARAN  PT UNILEVER INDONESIA Tbk       
Dalam PT Unilever Indonesia, promosi yang dilakukan paling banyak melalui media elektronik. Namun dalam kehidupan sehari-hari promosi yang dilakukan PT. Unilever Indonesia tidak hanya lewat media elektronik tetapi banyak juga melalui media cetak, sponsorship, mengadakan event-event yang memasukkan produk-produk dari PT. Unilever seperti Kecap Bango, Pepsodent, Shampo Pantene, dan lain-lain. Karena jika promosi yang dilakukan hanya melalui media elektronik maka PT. Unilever Indonesia tidak mendapatkan keuntungan yang optimal. Masyarakat di Indonesia terdiri dari berbagai kalangan dan tingkatan sosial yang beragam. Jika perusahaan tidak bisa menyentuh hati masyarakat semua kalangan maka perusahaan tidak dapat berkembang pesat. Makna dari iklan yang ditawarkan oleh perusahaan juga harus bisa dipahami oleh berbagai kalangan, karena iklan adalah salah satu cara promosi yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal.
Selain melalui iklan elektronik proses pemasaran yang dilakukan Unilever juga menggunakan berbagai cara, diantaranya dengan berbagai program pemasaran yang dapat menarik perhatian pelanggan. Kupon belanja gratis produk unilever adalah salah satu cara promosi yang dilakukan oleh Unilever, selain itu diskon-diskon yang diberikan juga banyak menarik perhatian pelanggan yang berasal dari kalangan masyarakat menengah kebawah. Oleh karena itu pertanyaan lain dapat muncul seketika mengapa promosi perlu diadakan, jawabannya tentu saja iya, karena dalam beberapa aspek perusahaan salah satu tujuan pengembangan mutu perusahaan ialah dapat menyentuh seluruh lapisan konsumen dalam hal ini adalah sasaran global yang diadakan dan dibuat dari grand design tersebut, oleh karena itu sebuah perusahaan unilever dapat fight dengan para pesaingnya baik dari dunia asing maupun pesaing-pesaing unggulan dalam negeri.
Komunikasi yang disampaikan melalui iklan di berbagai media cetak maupun elektronik sangat efektif dan langsung mengenai sasaran,untuk evaluasi kedepannya PT. Unilever Indonesia, Tbk akan melakukan 4 hal demi tetap memiliki citra baik pada konsumennya, antara lain: branding, design, technical printing, dan merchandising. Sehingga dengan cepat hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk-produk yang dikeluarkan oleh PT. Unilever.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGANTAR BISNIS MINGGU KE 2 DAN KE 3

CONDITIONAL SENTENCE TYPE 1,2,3