PENGANTAR BISNIS MINGGU KE 4,5,6
TUGAS MINGGU KE 4
1. Sebutkan
perbedaan Wiraswasta dan wiraswastawan serta unsur apa yang dimiliki wiraswasta.
Jawab :
-
Wiraswasta
adalah orang yang berani bersikap, berfikir dan juga bertindak menurut
kemampuan dan keberanian untuk menciptakan pekerjaan sendiri, mencari nafkah
dan berkarir dengan sikap mandiri.
-
Kewiraswastaan
(Enterpreneuship) adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk beresiko dengan
menginvesasikan dan mempertaruhkan uang, waktu, dan usaha untuk memulai suatu
perusahaan dan menjadikanya berhasil.
Unsur
yang dimiliki Wiraswasta yaitu :
1)
Unsur
Keterampilan, pada umumnya di peroleh melalui latihan dan pengalaman kerja nyata.
2)
Unsur
Pengetahuan, mencirikan tingkat penalaran yang dimiliki seseorang.
3)
Unsur
Kewaspadaan, merupakan paduan unsur pengetahuan dan sikap mental dalam
menghadapi keadaan yang akan datang.
2. Bagaimana perkembangan
Franchising di Indonesia.
Jawab :
Waralaba
(Franchise) merupakan suatu system bisnis yang telat lama dikenal oleh dunia,
dimana untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh perusahaan Mesin Jahit
Singer di Amerika Serikat, pada tahun 1851, yang kemudian diikuti oleh General
Motors Industry pada tahun 1898.
Dalam
perkembanganya, system bisnis ini mengalami penyempurnaan terutama di tahun
1950-an yang kemudian dikenal menjadi waralaba sebagai format bisnis (Business
Format) atau sering pula disebut sebagai waralaba generasi kedua. perkembangan
system waralaba yang demikian pesat terutama di negeri asalnya.
Format
bisnis waralaba memang tak dapat dipungkiri eksistensinya dan digemari oleh
pengusaha-pengusaha mengingat kecilnya resiko kegagalan yang mungkin timbul
dalam menjalankan usaha khususnya bagi pengusaha-pengusaha pemula. Bahkan
dibanyak Negara kegagalan usaha yang mempergunakan format bisnis waralaba
prosentasinya tidak lebih dari satu digit.
Di
Indonesia waralaba sebagai format bisnis mulai dikenal pada awal decade 80-an,
sering masuknya waralaba asing disektor usaha rumah makna siap saji (fast food
chain restaurant) antara lain KFC, Pioneer Take Out, Texas Church, dan
lain-lain. Jaringan bisnis ini berkembag sangat pesat dalam waktu yang singkat,
bahkan menurut data di Deperindag RI hingga tahun 1997 (sebelum terjadinya
Krisis Moneter) telah terdaftar lebih dari 250 perusahaan sebagai penerima
waralaba (franchise) dari suatu waralaba asing, dan tersebarbdi beberapa bidang
usaha anatar lain :
-
Jasa
Pemasaran
-
Rumah
makan/ restaurant
-
Toko
Buku dan took cindera mata
-
Hotel
-
Mini
Market
-
Persewaan
Kendaraan
-
Pusat
kebugaran dan perawatan tubuh
-
Penata
Rambut, salon kecantikan dll.
Disisi
lain, perusahaan local yang telah mengembangkan usahanya dengan mempergunakan
format bisnis waralaba jumlahnya tidaklah sebanyak waralaba asing banyak atau
hanya sekitar 10% dari jumlah waralab asing yang ada di Indonesia. Perusahaan
local tersebut antara lain : Es Teller 77, CFC, Lutuye salon, Rudy Hadisuwarno,
Indomaret dan lain-lain.
3. Beri 5 contoh Rill/ nyata usaha
Franchising yang bergerak di bidang : Pendidikan, Kesehatan, Salon &
Perawatan, Makanan dalam negeri/local, Otomotif.
Jawab :
·
Pendidikan : Jari Aritmatika, Primagama,
ILP, GO(ganesha operation), LP3I
·
Kesehatan
: Mustika ratu, Apotek century, kimia farma,
the body shop, apotek generic
·
Salon&perawatan : Jhony Andrea salon&skin care,
Aesthedica skincare, Natasha skin&care, Citra, mustika ratu.
·
Makanan : CFC, Hoka-hoka bento, Mc
Donald, pizza hut, Holland Bakery.
·
otomotif : Bengkel Honda, Bengkel
Yamaha, Planet ban, c3 care center, steam BIMC.
4. Jelaskan perbedaan Kewirausahaan
dengan bisnis kecil dengan contoh kasus yang nyata.
Jawab :
·
Kewiausahaan
adalah sebuah proses mengkreasikan dengan menambahkan nilai sesuatu yang
dicapai melalui usaha keras dan waktu yang tepat dengan memperkirakan dana
pendukung, fisik, dan resiko social, dan akan menerima reward yang berupa
keuangan dan kepuasan serta kemandirian personal.
·
Bisnis
Kecil adalah bisnis yang dioperasikan dan dimiliki secara independen serta
tidak mendominasi pasarnya.
Perbedaan
antara kewirausahaan dengan bisnis kecil yaitu pada umumnya kewirausahaan
memiliki badan hokum yang jelas, sedangkan bisnis kecil jarang yang memliki
badan hokum yang jelas. Selain itu juga bisnis kecil sangat tergantung pada
lingkungan pasar.
Contohnya
:
Seorang
pensiunan tentara Militer akan membuka usaha rumah makan, ia tidak memerlukan
sebuah managerial yang baik karena hanya inggin mendapatkan untung untuk
kelanjutan hidupnya hingga 10 tahun kedepan. Sedangkan seorang mahasiswa yang
baru lulus dari Universitas inggin membuka suatu usaha kewirausahaan yaitu
restaurant masakan Indonesia ia membutuhkan managerial yang baik agar usahanya
bisa berjala dengan lancar bisa berkembang dengan baik dan juga maju, dan ia
bisa menjadi wirausaha yang sukses.
TUGAS MINGGU KE 5
1. Aplikasikan fungsi management pada suatu perusahaan yang rill (nyata) !
Jawab :
Fungsi
management yaitu elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam
proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan
kegiatan untuk mencapai suatu tujuan.
Perencanaan
(planning) adalah merancang suatu ide yang
akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk
menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi
tujuan itu.
Pengorganisasian
(organizing) bertujuan
untuk pengorganisasian, yaitu membagi suatu kegiatan besar menjadi
kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Meliputi : Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja
yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
Pengarahan
(directing) adalah suatu
tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai
sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
Mengawasi (Controlling) yaitu suatu tindakan untuk mengawasi apakah suatu pekerjaan
berjalan dengan baik dan sesuai dengan
2. Buat skema ciri-ciri manajer profesional keterampilan management yang
dibutuhkan !
Jawab
:
Skema Ciri Manajer Profesional
Skema Keterampilan Manajer
TUGAS MINGGU KE 6
1. Sebutkan perbedaan pasar dan
pemasaran
Jawab :
Pasar
adalah tempat dimana para pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) berkumpul
untuk mempertukarkan barag-barang mereka atau lebih jelasnya lagi pasar adalah
tempat bertemunya pembeli dan penjual. Sedangkan
Pemasaran
adalah suatu proses social yang didalamnya terdapat individu dan kelompok untuk
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan juga ingginkan dengan melakukan
penawaran dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
2. Jelaskan yang dimaksud dengan
bauran (campuran) pemasaran.
Jawab :
Bauran
pemasaran adalah kumpulan dari variable-variabel pemasaran yang dapat
dikendalikan dan yang dapat digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai
sebuah tujuan pemasaran dalam pasa sasaran. Bauran pemasaran ialah suatu unsur
internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi.
Komentar
Posting Komentar